Ad Code

Cara Mengembalikan Start Screen Windows 8/8.1 ke Keadaan Awal

Om Swastyastu...

Bertemu lagi dengan saya yang akan berbagi tutorial menarik, siapa tau bermanfaat.  Saya mau berbagi tutorial Cara Mengembalikan Start Screen Windows 8/8.1 ke Keadaan Awal. Apa itu “Start Screen”?, tampilan modern yang berisi kotak-kotak (Tile) pada Windows 8/8.1 tempat shortcut aplikasi yang terpasang.

Kamu bisa dengan mudah menambahkan shortcut aplikasi favorite ke start screen, cukup dengan pilih “Pin to Start” untuk menambahkan, atau “Unpin from Start” untuk menghapus shortcut pada start screen.

Jika kamu sudah melakukan banyak perubahan pada start screen, dan ingin mengembalikannya ke semula seperti saat baru install ulang. Ikuti tutorial berikut ini...

TUTORIAL

Langkah #1.
Silahkan kamu buka Windows Explorer lalu ketikkan pada addres bar perintah berikut: %LocalAppData%\Microsoft\Windows. Setelah itu tekan enter, maka akan terbuka lokasi folder seperti pada perintah.

Gambar 1 - Cara Mengembalikan Start Screen Windows 8/8.1 ke Keadaan Awal

Atau bisa juga melalui Run dengan menekan tombol Win+R pada keyboard, setelah itu ketik perintah diatas, setelah itu klik “OK”. Maka akan terbuka lokasi folder yang diketik.

Gambar 2 - Cara Mengembalikan Start Screen Windows 8/8.1 ke Keadaan Awal

Langkah #2.
Disini kamu akan menemukan 2 buah file yang barnama: appsFolder.itemdata-ms dan appsFolder.itemdata-ms.bak.

Gambar 3 - Cara Mengembalikan Start Screen Windows 8/8.1 ke Keadaan Awal

Silahkan kamu hapus kedua file tersebut untuk mengembalikan start screen ke semula, atau kamu bisa membackup kedua file tersebut ke folder lain dan kamu bisa merestorenya lagi dilain waktu.

Langkah #3.
Restart komputer, dan lihat hasilnya...

Oke, setelah mengikuti tutorial diatas kamu seharusnya sudah berhasil mengembalikan start screen ke tampilan semula. Berikut adalah buktinya yang diambil pada komputer saya...

Sebelum.
Gambar 4 - Cara Mengembalikan Start Screen Windows 8/8.1 ke Keadaan Awal

Sesudah.
Gambar 5 - Cara Mengembalikan Start Screen Windows 8/8.1 ke Keadaan Awal

Sekian artikel tentang Cara Mengembalikan Start Screen Windows8/8.1 ke Keadaan Awal. Semoga bermanfaat untuk semua, dan jangan lupa berkunjung lagi ke blog ini...

Om Shanti, Shanti, Shanti, Om...

Post a Comment

0 Comments