Ad Code

4 Aplikasi Partisi Hardisk Terbaik Untuk PC

Om Swastyastu...

4 Aplikasi Partisi Hardisk Terbaik Untuk PC - Kita sebagai pengguna komputer, pasti pernah melakukan kegiatan dengan partisi, misalnya menganti drive letter, mengganti label drive, format, membuat partisi baru, dan sebagainya. Apalagi ketika mengahadapi masalah partisi sistem (C:) mulai kepenuhan karena banyak menginstall aplikasi dan game, yang menyebabkan muncul pesan "warning" yang cukup mengganggu.

Untuk mengatasinya, bisa dengan cara mengalokasikan ruang kosong pada partisi lain kemudian menambahkan ke partisi sistem (C:). Biasanya pengguna biasa menggunakan tool bawaan Windows yang bernama Disk Management yang dengan fitur seadanya.

Jika kamu ingin mencari alternatif dari Disk Management, berikut saya rangkum 4 Aplikasi Partisi Hardisk Gratis Terbaik dengan fitur yang lebih banyak. Selain itu, menurut saya dengan aplikasi pihak ketiga lebih aman dalam urusan partisi dibanding menggunakan bawaan Windows yaitu Disk Management.

Aplikasi Partisi Hardisk Gratis Terbaik 

1. AOMEI Partition Assistant.


download aomei partition assistant gratis

Aplikasi buatan AOMEI ini adalah yang paling sering saya gunakan. Tampilan yang mudah dimengerti, dan untuk fiturnya, selain fungsi dasar seperti yang ada di Disk Management, ada juga fitur lain yang bisa memudahkan pengguna. Seperti misalnya, membagi partisi, menggabungkan partisi, fix mbr yang error, dan membuat boot CD dari AOMEI Partition Assistant.



2. EaseUS Partition Master.

download easeus partition master gratis

Merupakan pemain lama di bidang software partisi. Saya pun sudah mengenalnya ketika baru masuk ke dunia komputer, mungkin sekitar tahun 2008 lalu.

Fitur yang dibawakan EaseUS Partition Master kurang lebih sama dengan AOMEI diatas. Jadi saya tidak akan menjelaskan banyak tentang software ini.



3. MiniTool Partition Wizard.

download minitool partition wizard gratis

Sama dengan EaseUS, MiniTool Partition Wizard ini adalah salah satu pemain lama di bidang software managemen partisi.

Untuk tampilannya, cukup mudah dimengerti, fiturnya juga banyak. Tapi yang saya ketahui, pihak pengembang software ini sangat lama dalam hal melakukan update kepada MiniTool Partition Wizard, dibandingkan dengan EaseUS dan AOMEI. Sehingga, fitur - fiturnya pun bisa dibilang ketingalan dibanding software managemen partisi yang lain.



4. Macrorit Disk Partition Expert.

download macrorit partition expert gratis

Merupakan pendatang baru di dunia software partisi, atau mungkin karena saya baru mengetahuinya dibanding yang lain.

Tampilan yang modern dan user friendly, fitur yang lengkap. Macrorit Disk Partition Expert sangat aman digunakan dalam urusan partisi, karena punya fitur "data rollback" yang melindungi data ketika mati listrik pada saat melakukan kegiatan dengan partisi.

Kelebihan dari Macrorit Disk Partition Expert adalah ukuran aplikasinya yang kecil dibanding yang lain, pada situsnya juga sudah disediakan link download versi portable dari software ini.



Penutup.
Itulah 4 Aplikasi Partisi Hardisk Gratis Terbaik yang pernah saya coba. Kamu bisa memilih yang mana saja sesuai selera, tentunya masing – masing punya kelebihan dan kekurangan.

Namun, perlu diketahui juga, karena yang digunakan versi gratis, maka beberapa fitur yang saya sebut diatas ada yang dinonaktifkan. Kamu harus membeli lisensi untuk menggunakan fitur lengkapnya.

Om Shanti, Shanti, Shanti, Om...








Post a Comment

0 Comments