Ad Code

Cara Mengetik Aksara Jawa di Komputer

mengetik aksara jawa di komputer

Om Swastyastu…

Pada hari ini, saya berkesempatan untuk membagikan cara menulis aksara Jawa di komputer, siapa tahu kamu membutuhkannya untuk tugas sekolah. Seperti yang kita ketahui, aksara Jawa adalah satu dari sekian banyaknya budaya nusantara yang patut kita lestarikan. Salah satu cara melestarikanya adalah dengan membawa aksara ini ke dunia digital.

Saya kutip dari Wikipedia, aksara Jawa atau juga dikenal dengan nama huruf Hanacaraka adalah salah satu aksara tradisional Nusantara yang digunakan untuk menulis bahasa Jawa dan sejumlah bahasa daerah Indonesia lainnya, seperti bahasa Sunda dan bahasa Sasak. Aksara Jawa juga berkerabat dekat dengan aksara Bali yang sudah lama saya share di blog ini, mungkin itu sebabnya huruf dan penyebutannya ada kemiripan.

Saya harap para penerus bangsa semakin mencintai dan melestarikan budaya dari daerahnya masing –masing, kalau bukan kita, siapa lagi?.

Oke, tidak perlu bicara panjang lebar dan luas, kita langsung saja ke tutorial mengetik aksara Jawa di komputer…

Mengetik Aksara Jawa di Microsoft Office Word

Kita bisa mengunakan 2 cara untuk menulis aksara Jawa di komputer, yaitu dengan mengaktifkan keyboard aksara Jawa dan menginstall font Hanacaraka.

Cara Pertama – Mengaktifkan Keyboard Aksara Jawa (Javanese Keyboard).
Perlu dicatat, cara ini khusus untuk pengguna komputer dengan Wndows 10, karena disini kita akan mengaktifkan keyboard aksara Jawa yang sudah tersedia secara bawaan di Windows 10.

1. Buka jendela Settings, caranya klik tombol Start -> Settings...

cara menulis aksara jawa di komputer

2. Pilih Time & Language...

menulis aksara jawa di word

3. Pada pilihan Language, klik tombol Add a preferred language

cara mengetik aksara jawa di word

4. Cari kata “jawa” pada kolom pencarian, pilih Javanese pada daftar. Setelah itu klik Next

menulis huruf jawa di word

5. Jika komputer sedang offline, kamu akan mendapati pesan error disini. Abaikan saja pesan tersebut dengan langsung klik tombol Install.

mengetik huruf hanacaraka

6. Aktifkan keyboard Jawa (Javanese Keyboard) melalui tray icon…

cara menulis huruf jawa

Sekarang kamu bisa mencoba mengetik di aplikasi Microsoft Office Word, dan lihatlah apakah huruf yang diketik sudah berganti ke aksara Jawa. Jika belum berhasil, kamu bisa mencoba cara kedua yakni dengan font yang bernama Hanacaraka.

Cara Kedua – Menggunakan Font Hanacaraka.
Cara ini akan menambahkan font Hanacaraka ke dalam system sehingga bisa diterapkan di semua versi Windows (Windows XP - 10).

1. Download dulu fontnya disini
2. Install font Hanacaraka, baca cara mengintall font… 
3. Buka Microsoft Office Word, pilih font Hanacaraka kemudian mulailah mengetik…

cara mengetik aksara jawa di word

Untuk cara yang kedua, saya mencobanya di Windows 10 dengan Microsoft Office 2016. Tentu saja kamu bisa menggunakan Windows dan juga Office versi lain. Asalkan telah mengikuti langkah – langkah pemasangan font dengan benar.

Penutup.
Sebenarnya tidaklah sulit dalam melestarikan budaya kita, tergantung kemauan kita saja. Semoga artikel Cara Menulis Aksara Jawa di Komputer bisa bermanfaat. Jangan lupa berkunjung kembali ke blog ini untuk membaca artikel terupdate.


Om Santih, Santih, Santih, Om…

Post a Comment

0 Comments