Ad Code

Font Mahabharata Untuk PC

Font Mahabharata Untuk PC - Gambar 1
Gambar 1.

Om Swastyastu...

Siaran stasiun TV di Indonesia, belakangan ini sering menayangkan serial drama India sebagai pengisi acara hiburannya. Mungkin karena memang ceritanya bagus, dan juga karena aktornya yang ganteng - ganteng (seperti saya) dan aktrisnya yang cantik – cantik.

Seperti salah satu contoh drama yang populer, yakni Mahabharata. Yang di tayangkan salah satu stasiun TV nasional **TV. Mengisahkan perang antara Pandawa dan Kurawa yang sebenarnya mereka adalah saudara.

Namun, kali ini saya tidak akan menceritakan secara detil sinopsis kisahnya. Karena saya juga tidak tau pasti bagaimana. Yang saya bahas disini adalah gaya tulisannya, kalau teman pernah nonton serial Mahabharata, gaya tulisannya memang menarik. Seperti bergantungan gitu, khas tulisan India.

Nah, kita akan membuat tulisan semacam itu di Microsoft Office Word. Adalah dengan font yang bernama Samarkan. Font ini patut dicoba, apalagi teman yang suka desain seperti mendesain logo, karena font ini juga bisa digunakan di aplikasi lain seperti Photoshop.

Baiklah, langsung saja ya...

Membuat Tulisan Gaya Mahabharata Di Microsoft Office Word.

Yang pertama, teman harus punya dulu fontnya. Bisa di download disini – Font Mahabharata. Setelah itu silahkan ekstrak, maka akan tercipta sebuah folder. Didalam folder tersebut terdapat 2 buah file, yang bernama SAMARN_.TTF dan SAMARO_.TTF.

Silahkan teman pasang kedua file tersebut, disini saya memberikan 3 cara untuk memasangnya, pilih yang mana saja boleh. 

1. Dengan cara mengcopy kedua file fontnya kemudian buka drive sistem (misal: C:) > folder “Windows” > “Fonts”, lalu paste disitu.
2. Klik “Start” > pilih “Control Panel” > “Fonts”, kemudian paste kedua file font tersebut.
3. Sorot kedua file, kemudian klik kanan dan pada menu pilih “Install”.

Setelah fontnnya terpasang, sekarang waktunya mempraktekkan di aplikasi Microsoft Office Word. Silahkan teman buka dulu aplikasinya, disini menggunakan Office Word 2013 dengan tampilan ribbon. Pada tampilan awal, pada tab “Home”. Pilih font Samarkan seperti gambar dibawah ini.

Font Mahabharata Untuk PC - Gambar 2
Gambar 2.

Setelah itu silahkan teman ketik apa saja yang teman inginkan. Contoh hasil dari yang saya ketik dengan gaya tulisan Mahabharata.

Font Mahabharata Untuk PC - Gambar 3
Gambar 3.

Oke, teman – teman. Sampai disini kita sudah berhasil membuat tulisan seperti yang ada pada film Mahabharata.

Font ini memang cocok digunakan, baik hanya untuk gaya-gayaan ataupun untuk yang suka mendesain logo yang berisi tulisan.


SEMOGA BERMANFAAT...

Om Shanti, Shanti, Shanti, Om...

Post a Comment

0 Comments