Ad Code

Cara Menampilkan File/Folder yang Tersembunyi

Om Swastyastu...

Dalam sistem operasi Windows terdapat puluhan ribu file maupun folder didalamnya, beberapa diantaranya ada yang tampak di explorer dan bisa dengan mudah diakses pengguna, dan ada juga yang dihidden atau disembunyikan. File/folder yang disembunyikan ini tentu saja ada alasannya, yaitu untuk mencegah pengguna menggubah atau menghapus file/folder sistem yang berpotensi menyebabkan sistem error.

Tapi ada juga kasus file atau folder yang disembunyikan oleh virus. Biasanya terjadi pada flashdisk pengguna yang dimana membuat pengguna panik karena dikira isi flashdisknya terhapus, padahal hanya tersembunyi.

Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana caranya menampilkan file/folder yang tersembunyi tersebut. Silahkan ikuti tutorial dibawah ini...

Menampilkan File/Folder yang Tersembunyi

Silahkan kamu buka Folder Options, setelah itu pilih tab View kemudian tandai pada Show hidden files, folders, and drives, setelah itu klik OK. 

menampilkan file folder tersembunyi

Itulah tadi cara untuk menampilkan file dan folder yang tersembunyi dengan cara biasa. Sebenarnya ada lagi istilah yang diberi nama “super hidden”, biasanya ini digunakan untuk melindungi file/folder sistem. 

Jika kamu ingin menampilkannya juga, silahkan kamu lakukan cara diatas tapi dengan tambahan menghilangkan centang pada Hide protected operating system files (Recommended). Kamu akan menjumpai pesan warning, silahkan kamu pilih Yes.

menampilkan file yang terhidden

Oh ya, untuk menyembunyikannya kembali, silahkan tandai Don’t show hidden files, folders, or drives, dan beri centang pada Hide protected operating system files (Recommended).

Sebagai tambahan, dibawah ini saya akan berikan cara  untuk menyembunyikan file atau folder tertentu.

Menyembunyikan File/Folder di Explorer

Klik kanan pada file atau folder, kemudian pilih Properties. Pada tab General di bagian Attributes, beri  centang pada Hidden lalu setelah itu klik OK.

cara menyembunyikan file

Dan untuk membuatnya normal kembali, hilangkan tanda centang pada Hidden. Maka file atau folder tidak akan tersembunyi lagi.

Om Santih, Santih, Santih, Om...



Post a Comment

0 Comments