Ad Code

6 Software Data Recovery Terbaik Untuk PC 2020


data recovery terbaik

Om Swastyastu…

Saya mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 75, MERDEKA!. Semoga Indonesia menjadi negara yang lebih baik lagi, dengan rakyat yang hidup rukun, damai, dan sejahtera. Mari kita jaga persatuan NKRI!.

Terhapusnya data pada hard disk bisa terjadi karena dua faktor, karena sengaja dan tidak disengaja. Nah, yang paling menyakitkan disini adalah terhapus secara tidak sengaja, misalnya ketika salah memformat partisi. 

Apalagi data tersebut merupakan data penting milik kita, rasanya begitu sulit untuk menerima kenyataan bahwa mereka hilang bak ditelan bumi. Untuk mencegah hal itu, sangat disarankan untuk rutin membuat cadangan data kita di komputer, bisa disimpan di HDD eksternal ataupun di penyimpanan awan (cloud).

Dan, untuk kamu yang datanya sudah terlanjur terhapus, kamu bisa coba menggunakan software data recovery untuk mengembalikan data kamu tersebut. Dibawah ini saya sudah rangkum software recovery data terbaik untuk pengguna PC.    

Software Data Recovery Terbaik Untuk PC

1. EaseUS Data Recovery Wizard.

EaseUS Data Recovery Wizard

EaseUS Data Recovery Wizard merupakan pemain yang sudah lama di bidang recovery data. Mampu mengembalikan file yang berjenis dokumen, gambar, video, music, dan sebagainya. Dengan software ini, kamu bisa mengembalikan data hanya dengan 3 tahapan saja, yaitu (1) Select – (2) Scan – (3) Recover. Selain itu kamu bisa mem-preview atau melihat dulu file sebelum me-recovery. 

Software EaseUS Data Recovery Wizard diklaim oleh developernya -EaseUS, mempunyai recovery rate sebesar 99.7%. Jadi kehandalannya dalam mengembalikan data yang terhapus sudah tidak diragukan lagi. 

Versi gratis dari software ini hanya mampu mengembalikan data sebanyak 2GB, seharusnya ini sudah cukup jika kamu hanya ingin mengembalikan data berupa file dokumen.


2. Minitool Power Data Recovery.

MiniTool Power Data Recovery

MiniTool Power Data Recovery bisa digunakan untuk mengembalikan data yang terhapus dari HDD, kartu memori, flash disk, dan sebagainya. Mendukung 100+ macam tipe file termasuk foto, video, audio, dokumen, dan lain – lain.

MiniTool Power Data Recovery juga menawarkan hal serupa seperti EaseUS DRW, recovery data hanya dengan 3 tahap dan mampu mem-preview file sebelum direcovery.


3. Disk Drill.

Disk Drill

Software recovery data yang baru ini saya kenal, dan fiturnya oke juga sehingga membuatnya masuk dalam daftar ini. Disk Drill mampu mengembalikan data yang terhapus dari Recycle Bin yang sudah kosong, drive yang terformat, partisi yang hilang, dan kartu memory yang korup.

Fitur unggulan yang ada pada Disk Drill adalah tersedianya S.M.A.R.T disk monitoring untuk memantau kesehatan hard disk dan tersedianya versi untuk pengguna MacOS. Sayangnya untuk versi gratis hanya bisa untuk me-recovery 500 MB data.


4. Wondershare Recoverit.

Wondershare Recoverit

Wondershare Recoverit tidak boleh dilupakan begitu saja. Software ini dipercaya lebih dari 5.000.000 user sejak 2003. Menyelamatkan file yang terhapus seperti foto, video, audio, email, dan masih banyak lagi karena mendukung 1000+ macam format file.

Wondershare Recoverit mempunyai recovery rate yang tinggi, sehingga mampu mendapatkan banyak review positif di Trustpilot.


5. Wise Data Recovery.

Wise Data Recovery

Alternatif lain yang bisa kamu coba adalah Wise Data Recovery. Merupakan sebuah software gratis yang mampu menyelamatkan 1000 macam tipe file seperti foto, dokumen, video, email, dan lain – lain.

Mendukung recovery data dari HDD, drive eksternal, dari handphone, dan berbagai jenis removable drive lainnya.


6. Recuva.

Recuva

Recuva merupakan salah satu produk dari perusahaan Piriform Ltd yang terkenal akan produknya CCleaner. Antarmuka dari Recuva begitu sederhana, dan mendukung mode Quick dan Deep Scan untuk kamu gunakan mencari file yang terhapus seperti gambar, music, dokumen, video, dan masih banyak lagi.

Selain berfungsi sebagai recovery data, software Recuva juga bisa kamu gunakan untuk menghapus file secara permanen dengan metode standar militer sehingga membuat file yang terhapus mustahil untuk di recover kembali. Jadi sangat cocok jika file yang kamu hapus merupakan file yang “sensitif”.


Penutup. 
6 Software Data Recovery Terbaik diatas masing – masing punya kelebihan dan kekurangan. Namun itu semua sudah cukup untuk keperluan recovery data yang terhapus. Semoga tulisan saya kali ini bisa bermanfaat untuk kamu, dan jangan lupa rajin backup data.


Om Santih, Santih, Santih, Om…

Post a Comment

0 Comments