Ad Code

Cara Mengaktifkan Task Manager Dan Registry Editor Dengan Notepad

Menyambung artikel saya yang kemarin tentang Cara mengatasi Task Manager yang Tidak Bisa Dibuka Bagian 1, dan bagian 2. Pada bagian 1, adalah dengan melalui Registry Editor (regedit) dan kita melakukannya secara manual yang tentunya ini beresiko Windows error jika salah mengedit registry. Bagian 2 adalah melalui “gpedit.msc”, cara ini lebih aman jika di bandingkan manual melalui registry.

Namun di suatu keadaan, “regedit” atau Registry Editor tidak bisa di buka juga (ter-disable), dan “gpedit.msc” tidak tersedia pada Windows, karena memang tool ini hanya tersedia pada Windows versi  tertentu, biasanya yang Professional atau lebih tinggi. Jika Anda mengalami masalah seperti ini, silahkan melanjutkan dan jangan bosan untuk membaca artikel ini (termasuk basa-basi yang saya buat..hehehehe).

Artikel ini akan mengulas tentang Cara Mengaktifkan Task Manager dan Registry Editor yang tidak bisa dibuka atau ter-disable dengan bantuan notepad. Pengguna system operasi Windows pasti mengenal aplikasi yang satu ini, yakni sebuah aplikasi teks editor sederhana bawaan Windows

Tapi, Anda jangan salah, meskipun notepad ini sederhana, jika kita menguasai programming/scripting seperti script VBS (Visual Basic Script), kita bisa membuat semacam virus yang bisa membuat “kerepotan”. Namun, kali ini tidak akan membuat script virus, melainkan script yang fungsinya berlawanan dengan virus, yaitu script sederhana untuk membantu memperbaiki (mengaktifkan) Task Manager dan Registry Editor yang ter-disable sehingga bisa dibuka kembali.
  
Tutorial: 

Buka aplikasi Notepad dengan cara, klik “Start” => “All Programs” => “Accessories”, kemudian klik aplikasi NotePad

Gambar 1. Langkah – langkah mencari aplikasi notepad.


Gambar 2. Tampilan aplikasi Notepad.


Setelah muncul Notepad seperti gambar 2, silahkan Anda copy-paste script code di bawah ini pada Notepad.

Silahkan copas (copy-paste) script ini pada Notepad:


On Error Resume Next
set wshShell = WScript.CreateObject("WScript.Shell")

'Perintah untuk mengaktifkan Registry Editor
WshShell.RegDelete "HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System\DisableRegistryTools"
WshShell.RegDelete "HKLM\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System\DisableRegistryTools"
'=========================================

'Perintah untuk mengaktifkan Task Manager
WshShell.RegDelete "HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System\DisableTaskMgr"
WshShell.RegDelete "HKLM\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System\DisableTaskMgr"
'=========================================

'Tampilkan pesan jika perintah sudah dilaksanakan
Message = "Tugas selesai..."
X = msgbox (Message, vbOKOnly, "OK")
'=========================================

Set WShShell = nothing
Set fso = nothing
[/code]



Gambar 3. Copy-Paste script ke Notepad.

Kemudian simpan dengan nama “aktifkan_taskreg.vbs”, atau lainnya terserah Anda. Yang penting ekstensinya harus .vbs. Jangan lupa pada pada Save as type: pilih “All Files” seperti di bawah ini.
 
Gambar 4. Tampilan kotak Save As.

Setelah itu klik tombol “Save”, Selesai…

Setelah Anda menyimpan script tadi, silahkan jalankan dengan mengklik 2X file vbs yang Anda buat. Dan jika tidak ada halangan hasilnya akan seperti ini, tampil pesan yang ada pada script.
 
Gambar 5. Tampilan pesan.

OK!!, sekian dulu artikel cara Mengaktifkan TaskManager dan Registry Editor dengan Notepad. Cara ini sudah di coba pada komputer Admin yang dengan system operasi Windows XP dan berhasil. Tapi sayangnya pada Windows 8.1 script ini tidak berfungsi.


Untuk Anda yang mengalami kesulitan, silahkan tanyakan lewat komentar di bawah. Saya usahakan membantu sebisanya… Terima kasih, semoga bermanfaat…

Post a Comment

0 Comments