Ad Code

Cara Merubah FAT32 ke NTFS dan Sebaliknya Tanpa Format

Apakah kamu ingin merubah drive tipe FAT32 ke NTFS atau sebaliknya NTFS ke FAT32 tanpa kehilangan data?. Kamu tepat berada disini, karena saya akan membagikan caranya. 

Memang merubah tipe/file system suatu drive tergantung kebutuhan. Seperti saya misalnya, saya merubah flashdisk yang awalnya tipe FAT32 menjadi NTFS saat mau menjadikannya sebuah media bootable agar transfer relatif lebih cepat. Selain itu, drive dengan tipe FAT32 dan NTFS masing – masing punya kelebihan dan kekurangan. 

Kelebihan dan Kekurangan dari FAT32 dan NTFS.

FAT32.
FAT32 punya kelebihan didukung hampir semua sistem operasi seperti Windows, Mac, dan Linux. Namun, salah satu kekurangannya adalah kemampuan dalam menyimpan file, yaitu hanya mampu menyimpan file tunggal yang berukuran 4GB. Jadi tidak bisa menyimpan file yang berukuran lebih dari itu, misalnya file ISO installer OS All-In-One yang mencapai puluhan giga.   

NTFS.
Untuk NTFS, karena merupakan penyempurnaan dari FAT32, NTFS punya beberapa kelebihan dibanding FAT32. Seperti mendukung kapasitas yang lebih besar, mendukung enkripsi data untuk melindungi data, dan juga kompresi data untuk menghemat ruang penyimpanan.
Namun kekurangan dari NTFS tidak didukung semua sistem operasi, saat ini hanya Windows yang mendukung sepenuhnya seperti “baca-tulis” pada file sistem tipe ini.

Cara Merubah FAT32 ke NTFS dan Sebaliknya Tanpa Kehilangan Data.

Sebenarnya kita bisa merubahnya dengan memformat partisi, tapi itu akan menghilangkan semua data. Jika kamu ingin merubah FAT32 ke NTFS atau sebaliknya tanpa format, Dibawah ini saya nanti akan berikan tutorialnya. Tapi, sebelum itu siapkan dulu hal berikut ini...

1. Download tool yang barnama AOMEI Ntfs2Fat32 disini.
2. Install pada komputer kamu...

Bagaimana? Sudah?. Baiklah, sekarang baru kita ke tutorial Cara Mengkonversi FAT32 Ke NTFS Dan Sebaliknya Menggunakan Tool AOMEI Ntfs2Fat32.

TUTORIAL:
Buka/Jalankan tool AOMEI Ntfs2Fat32, maka akan tampil gambar seperti dibawah. Disini kamu akan melihat tampilan dari tool AOMEI Ntfs2Fat32 beserta pilihan fungsi yang bisa kamu pilih. 

Cara, Merubah, FAT32, ke, NTFS, dan, Sebaliknya, Tanpa, Format
Gambar 1.

Ada 2 pilihan, yaitu:

- NTFS to FAT32 =  untuk untuk mengkonversi NTFS ke FAT32. 
- FAT32 to NTFS =  untuk mengkonversi FAT32 ke NTFS. 

Pilih saja sesuai keinginan, sebagai contoh saya akan memilih FAT32 to NTFS lalu setelah itu klik “Next”. Lalu akan muncul pilihan untuk memilih drive/partisi yang ingin di rubah...

Merubah, FAT32, NTFS, Kelebihan, Kekurangan
 Gambar 2.

Kelebihan, Kekurangan, NTFS, FAT32, Convert, Rubah
Gambar 3.

Setelah memilih drive/partisi, silahkan klik tombol “Next”. Setelah itu akan muncul konfirmasi bahwa akan dirubah ke NTFS.

Convert, Tutorial, NTFS, FAT32, Cara, Tanpa, Format
Gambar 4.

Tahap terakhir, klik tombol “Proceed”. Jika muncul pesan pertanyaan, pilih saja “Yes” dan silahkan tunggu proses konversi hingga muncul pesan lagi yang menandakan proses selesai dan berhasil...

Merubah, Convert, NTFS, FAT32, AOMEI, Aplikasi, Tutorial
 Gambar 5.

Cara, Convert, NTFS, FAT32, Sebaliknya, Tanpa, Format
 Gambar 6.

Cara, Merubah, NTFS, FAT32, Sebaliknya
Gambar 7.

Selamat!! Kamu sudah berhasil merubah FAT32 ke NTFS tanpa kehilangan data!!. Untuk sebaliknya mengkonversi NTFS ke FAT32 kamu bisa memilih NTFS to FAT32 dan langkah – langkahnya kurang lebih sama...

TAMBAHAN.
Mengkonversi drive FAT32 ke NTFS juga bisa dilakukan dengan Command Prompt, caranya adalah sebagai berikut:

1. Buka Command Prompt dengan cara tekan Win+R, setelah itu ketik “CMD” lalu Enter.
2. Ketikkan perintah: Convert F: / FS:NTFS, lalu tekan Enter.
Keterangan: F: adalah drive/partisi yang ingin di rubah ke NTFS.
3. Silahkan tunggu prosesnya sampai selesai, dan drive sudah menjadi NTFS.

CATATAN: Cara ini hanya bisa digunakan untuk merubah drive dari FAT32 ke NTFS, bukan untuk sebaliknya...

PENUTUP.
Oke, sekian dulu tutorial Merubah FAT32 ke NTFS dan Sebaliknya Tanpa Format menggunakan tool yang bernama AOMEI Ntfs2Fat32, dan tambahan menggunakan CMD untuk merubah FAT32 ke NTFS. Sekarang kamu bisa bolak-balik merubah file sistem dari drive/partisi kamu.

Jika kamu menemui kesulitan, silahkan tanyakan lewat komentar... Semoga bermanfaat...

Post a Comment

48 Comments

  1. saya mau merubah hardisk saya NTFS ke FAT32 masalahnya pas (Setelah memilih drive/partisi, silahkan klik tombol “Next”. Setelah itu akan muncul konfirmasi bahwa akan dirubah ke NTFS.) disini saya tidak muncul konfirmasi malah muncul (please note that the following NTFS files can not be supported by FAT32
    1.Compressed
    ++dan lain2)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin didalam partisi ada file/data yang terkompresi, yang dimana hanya support pada NTFS bukan FAT32...

      Delete
  2. Senior, saya mau nanya, kalo misalnya isi harddisk kebanyakan film yang telah disimpan dalam format NTFS di konvert ke FAT32 apa tidak akan mempengaruhi kualitas film? misalnya menjadi patah2 sebagian dsb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo untuk itu, saya belum tahu... Saya belum pernah mencoba dengan file film... Saran saya, buatlah backup terlebih dahulu untuk jaga - jaga kalo file filmnya rusak atau gimana setelah melakukan convert...

      Delete
  3. gan, saya ganti fat32 ke ntfs lewat cmd seperti instruksi di atas. sudah berhasil, tapi saat di cek, hdd saya masih bertuliskan fat32. kenapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah tes pada partisi harddisk di komputer saya, dan berhasil kok gan... Oh ya, jangan lupa setelah menekan Enter, disuruh mengetikkan label/nama partisi...

      Delete
  4. kok error ya gan? muncul "error in FAT system. please amend it before retry."

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan mencobanya di partisi harddisk apa yang lain?, karena saya sudah tes di Flashdisk yang sebelumnya FAT32 menjadi NTFS, bisa kok...

      Delete
  5. Haloo pak .. ini convert nya memang lama ya ? Semoga berhasil lagi deg2an saya pak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin tergantung kapasitas partisi...

      Delete
    2. Kira" converts hdd 2tb makan waktu berapa lama yah om..

      Delete
  6. Saya coba hardsik bekas cctv ke pc. (Mau dijadiin eksternal maksudnya).Tapi ngak pernah muncul di PC tuh hardsik,kita cba blikin ke cctv bisa muncul. Knpa ya gan,klo saya lihat sih hardsik nya formatnx fat32 pdhal. Rencana mau saya format ntfs.

    Terima kasih

    ReplyDelete
  7. Putra Mada: Seharusnya sih tidak masalah FAT32 ataupun NTFS, komputer Windows support pada kedua format tersebut.



    Rendy: Saya kurang tau. Saya mencobanya pada flashdisk ukuran 8GB gak sampai 10 menit...

    ReplyDelete
  8. Ini gak ngehapus data kan ?
    Mau rubah hdd external fat32 ke ntfs

    ReplyDelete
  9. Ryan Hamsa: Iya gan, tidak menghapus data. Saya sudah coba pada flashdisk...

    ReplyDelete
  10. Boleh juga dgan ilmu ini saya dpat ilmu baru lagi
    Alhamdulillah flesdrive saya yg tidak bisa terbaca d leptop sekarang sudah bisa di gunakan lagi....

    Teima kasih atas ilmunya
    Karna saya dapat ilmu baru yg mirip" dgan yg di bagikan

    ReplyDelete
  11. thanks petunjuknya,.. sangat membantu.

    ReplyDelete
  12. gan kalo mau format hdd external exfat ke ntfs bisa tidak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya belum mencobanya, baru FAT32 ke NTFS saja.

      Seharusnya kalo format biasa sih bisa...

      Apa hdd externalnya berisi data? Pindahin dulu ke PC, baru format seperti biasa lewat klik kanan drive (partisi).

      Delete
  13. KALAU HARDISK BEKAS CCTV saya tidak tahu formatnya mau saya pasang menjadi Hardisk komputer dengan format NTSF, ada aplikasinya gak Pak ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pake EaseUS Partition Master atau AOMEI Partition Assistant, semoga bisa membantu...

      Delete
  14. gan cara ngembaliin flashdisk yang jadi mbr ke ntfs gimana yah ?

    ReplyDelete
  15. Coba format lewat Windows Explorer, atau menggunakan software EaseUS Partition Master...

    ReplyDelete
  16. allhamdulilah :D berkat ilmu agan,, masalah saya teratasi,, terima kasih banyak ilmu dan programnya

    ReplyDelete
  17. Thanks gan berhasil dan datanya ga hilang ,..

    ReplyDelete
  18. Gan gua mau vonvert ntfs ke fat32 kok gak bisa suruh beli full edition

    ReplyDelete
  19. Gan kalo di ubah dari ntfs ke fat32 jumper hardisk nya di lepas apa enggak?

    ReplyDelete
  20. Gan saya mau ngubah NTFS ke FAT32 tp keluar tulisan gini : Sorry, the current operation has been canceled!
    Information Code: 220
    Description: The feature on the NTFS can not be supported by the program yet.
    More Information: The MFT of the partition has too much file fragment, please defragment MFT at first, and retry!


    Kenapa ya? Harus apa?

    ReplyDelete
  21. Mantap, langsung berhasil. thanks bro

    ReplyDelete
  22. Bang mau tanya, ini HDD sy default nya kan NTFS. sy mau ubah ke fat32 bisa ga? Soalnya pake cara biasa HDD yang default nya NTFS gabisa diubah ke fat32 mohon dijawab🙇

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy biasa ubah FD yg emang defaultnya fat32 ke NTFS pake cara format. Tpi kalo HDD ini defaultnya NTFS mau dibuah ke fat32 pake cara format gaada pilihannya yg fat32. Apa pake caranya Abang bisa di ubah HDD sy ke fat32?

      Delete
    2. Bisa gan... Saya sudah coba pada partisi hard disk di komputer saya.

      Delete
  23. Misi gan. Mw tnya.
    1. Klo convert dari ntfs ke exfat bisa?
    2. Klo hdd external formatnya exfat apakah bisa menyimpan file ntfs?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kalo menggunakan aplikasi ini, tidak bisa. Harus format biasa lewat explorer dan semua data akan terhapus...

      2. Seharusnya bisa.

      Delete
    2. Lah saya malah dari aplikasi yang agan kasih hardisk PS2 saya dari fat ke by berhasil nih (HDD eksternal)

      Delete
    3. Lah saya malah dari aplikasi yang agan kasih hardisk PS2 saya dari fat ke ntfs berhasil nih (HDD eksternal

      Delete
  24. Lah saya malah dari aplikasi yang agan kasih hardisk PS2 saya dari fat ke ntfs berhasil nih (HDD eksternal

    ReplyDelete
  25. Halo saya ingin menanyakan. Saya sudah coba 2 cara diatas
    Cara pertama yang pake aplikasi muncul tulisan
    error in FAT system. please amend it before retry.
    Saya mencoba di Micro sd

    Buat cara kedua muncul tulisan
    Convert not recognized as a internal or external command, operable program or batch file

    Ada solusi lain gan ? Terima kasih

    ReplyDelete
  26. Kalau data D komputer terformat.. gimana cara merecovery nya? Dan data D nya sudah jadi format Fat32 .
    Mohon solusi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba gunakan aplikasi data recovery seperti EaseUS Data Recovery Wizard atau Disk Drill, semoga saja bisa dikembalikan datanya...

      Delete
  27. kalo untuk ssd kenapa gabisa ya gan, mau ganti dari ntfs ke fat32 tapi gaada partisinya di aplikasi, ada tulisan "sorry, the system not be supported for converting to fat32 yet!"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah mencobanya dengan SSD, kalo dibaca dari tulisannya sih kemungkinan memang gak disupport / tidak bisa.

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar Anda...

Dilarang SPAM dan SARA...