Ad Code

Aplikasi KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Luring

Sungguh memprihatinkan memang, melihat anak – anak remaja jaman sekarang suka melakukan hal yang aneh – aneh. Seperti contohnya kasus anak “alay” yang suka merubah kata – kata seenaknya, contoh seperti kata “aku” dirubah menjadi “aq”, kata “kamu” menjadi “kamyu”. Kata - kata alay seperti ini biasanya digunakan untuk SMS-an, dan update status di jejaring sosial.

Katanya sih, kalo tidak begitu tidak gaul. Entah itu bisa dibilang kreatif atau bukan, yang pasti menurut saya “enggak banget dehh!!”. Makanya saya lebih suka pake kata – kata baku sesuai bahasa Indonesia yang benar.

Nah, daripada teman – teman ikut – ikutan seperti mereka, lebih baik kita belajar memahami arti/definisi dari sebuah kata. 

Di kesempatan ini saya ingin membagikan sebuah aplikasi yang bernama KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Luring. Aplikasi ini berisi kumpulan kata – kata bahasa Indonesia beserta definisinya, yang bisa teman pelajari.

Biasanya KBBI itu bersifat online karena berupa website, namun yang satu ini bisa teman gunakan secara luring (Luar Jaringan) atau Offline. Kita patut mengucapkan terima kasih pada mas Ebta Setiawan selaku pembuat aplikasi ini. 

Beliau adalah pemilik dan penulis di situs http://ebsoft.web.id. Beliau mempunyai hobi programming, sehingga sudah berhasil membuat beberapa aplikasi bermanfaat yang mengedukasi, contohnya KBBI ini.

Aplikasi KBBI Luring (Offline) mempunyai database sebanyak ribuan kata beserta definisinya. Kita hanya perlu mengetik kata yang diinginkan, dan definisi dari kata tersebut akan ditampilkan. Seluruh kata – kata dalam database ini di ambil dari situs PusatBahasa yang beralamat di http://pusatbahasa.kemdiknas.go.id/kbbi.

Untuk teman – teman yang sudah penasaran bagaimana tampilannya, silahkan lihat gambar dibawah ini.

KBBI Kamus Besar Bahasa Indonesia
Gambar 1.

Saat pertama menjalankan aplikasi KBBI Luring, akan tampil seperti gambar 1 diatas. Teman bisa mencari kata yang diinginkan dengan mengetikkannya pada kolom “Lema”, setelah itu klik “Cari”. 

Contoh saya mencari kata “Aku”, maka akan tampil seperti di bawah ini.

Aplikasi KBBI Kamus Besar Bahasa Indonesia Offline
Gambar 2.

Lihatlah, kata “Aku” definisinya ditampilkan beserta ada juga berupa singkatan yang miring berwarna hijau, yang menandakan suatu label kelas kata yang bersangkutan, seperti label akronim, label bidang ilmu, dan lainnya. Semua arti label itu bisa teman ketahui dengan menekan tombol “?” (Tanda tanya) pada aplikasi ini.

Sampai saat ini, versi terbaru dari KBBI Luring adalah 1.5.1. Dan mungkin di masa mendatang akan dikembangkan lagi untuk menjadi lebih baik. Silahkan bagi yang tidak sabar ingin mencobanya, silahkan unduh aplikasinya melalui link di bawah ini. 

Nama: KBBI Luar Jaringan
Unduh: Disini (3.24MB)

SEMOGA BERMANFAAT dan TERIMA KASIH

Post a Comment

0 Comments