Ad Code

Aplikasi Untuk Belajar Peribahasa Indonesia Di Komputer

Halo teman, apakah teman sudah tau apa itu peribahasa? atau bahkan mungkin belum tau sama sekali?. Yang saya ambil dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Online, peribahasa itu “adalah kelompok kata atau kalimat yang tetap susunannya, biasanya menghiaskan maksud tertentu”. Dalam peribahasa itu sendiri bisa berbentuk ungkapan, perumpamaan, dan juga nasihat.

Sebenarnya masih banyak lagi yang perlu di jelaskan, namun yang pasti disini saya tidak akan menjelaskan secara lebih rinci, dan jika mau tau lebih apa itu peribahasa dan macam – macam peribahasa, ya cari aja di internet. 

Karena yang saya mau bagikan sekarang hanyalah sebuah aplikasi yang mungkin bermanfaat untuk teman - teman, bisa buat belajar peribahasa Indonesia di komputer. Aplikasi ini buatan dari InVirCom (Indonesia Virtual Company), yang merupakan pengembang aplikasi edukasi untuk pendidikan. 

Oh ya, pada aplikasi ini ada sekitar 3500 lebih peribahasa Indonesia. Dan bagusnya lagi bersifat gratis, jadi teman tidak perlu membayar untuk menggunakannya. Aplikasi ini juga sangat mudah digunakan.

Peribahasa Indonesia, Aplikasi Peribahasa
Gambar 1.

Gambar 1, adalah tampilan awal dari aplikasi Peribahasa Indonesia. Bisa dilihat dari gambar, terdapat huruf dari AZ yang bisa teman pilih, yang akan mengurutkan kata – kata yang berawalan dengan huruf tersebut dan akan di tampilkan di bawahnya.

Seperti contohnya disini, saya memilih huruf “B”, dan memilih kata “Bulan” pada daftar. Maka dibawahnya akan tampil satu atau beberapa peribahasa yang mengandung kata tersebut beserta artinya. 
Peribahasa Indonesia, Aplikasi Peribahasa
Gambar 2.

Selain itu, teman bisa juga mencari kata yang diinginkan dengan mengetikkannya pada kolom pencarian yang berada dibawah logo InVirCom (di atas huruf A - Z), kemudian klik “Cari”.

Peribahasa Indonesia, Aplikasi Peribahasa, Belajar Peribahasa
Gambar 3.

Hasilnya pun ditampilkan berupa daftar peribahasa beserta artinya, jika hasilnya lebih dari 10 maka akan di bagi dalam beberapa halaman. Bisa dilihat di bagian paling bawah aplikasi (Hal:), terdapat angka – angka yang merupakan nomor halaman yang menampilkan daftar peribahasa.

Baiklah, jika teman tidak sabar ingin mencobanya aplikasi Peribahasa Indonesia di komputer, silahkan unduh melaui link di bawah ini.

Nama: Peribahasa Indonesia
Unduh: Disini (678KB)

Refrensi:
http://kbbi.web.id/peribahasa
http://invir.com

SEMOGA BERMANFAAT dan TERIMA KASIH

Post a Comment

0 Comments