Ad Code

CrystalDiskInfo : Cara Mudah Memantau Kesehatan Harddisk

Halo sob, apakah kamu pernah mengalami data pada harddisk tiba – tiba rusak/corrupt? Atau harddisk tiba – tiba tidak terdeteksi?. Mungkin itu karena harddisknya sudah rusak, karena memang sudah tua dan minta diganti. Dan ini memang bisa menyebabkan kehilangan data jika tanpa persiapan sebelumnya, karena rusaknya harddisk bisa tidak terduga.

Oleh sebab itu, bagi kamu yang belum mengalaminya, untuk jaga – jaga ada baiknya kamu rutin membackup data dengan aplikasi backup data seperti artikel saya yang ini - AOMEI Backupper : Backup Data Sebelum Semuanya Musnah

Selain itu bisa juga dengan selalu mengecek kesehatan hardisk. Apa? Cek kesehatan harddisk? Emang bisa?... Ya bisalah, eiitsss!! Tapi bukan ceknya bawa ke dokter ya, apalagi dokter kandungan.. hehehe. Kita mengeceknya dengan aplikasi CrystalDiskInfo, sebuah aplikasi gratis yang bisa digunakan memantau kesehatan harddisk secara realtime.


CrystalDiskInfo memanfaatkan teknologi S.M.A.R.T (Wikipedia) untuk memantau status harddisk. Statusnya akan ditandai dengan warna biru/hijau untuk kondisi baik, warna kuning yang berarti fungsinya terganggu (hampir rusak), dan warna merah untuk status sudah rusak.

Berikut adalah fungsi – fungsi pada harddisk yang akan di pantau oleh CrystalDiskInfo:

- Read Error Rate
- Spin-Up Time
- Start/Stop Count
- Reallocated Sector Count
- Seek Error Rate
- Seek Time Performance
- Power-On Hours
- Spin Retry Count
- Recalibration Retries
- Power Cycle Count
- End-to-End Error
- Reported Uncorrectable Errors
- Command Timeout
- Dan lainnya

Nah, bila ada beberapa/semua fungsi itu berwarna kuning atau bahkan sudah merah, berarti harddisk kamu akan segera rusak, dan sebaiknya kamu backup seluruh data pada harddisk jika masih bisa dan ganti lagi dengan harddisk baru.

Selain itu, CrystalDiskInfo juga menampilkan suhu dari harddisk dalam Celcius maupun Fahrenheit (bisa diatur). 

Saya rasa cukup yang saya jelaskan tentang aplikasi CystalDiskInfo, bagi kamu yang ingin mencobanya silahkan download dari link di bawah ini...

Informasi:
Nama: CrystalDiskInfo

SEMOGA BERMANFAAT

Post a Comment

1 Comments

Silahkan tinggalkan komentar Anda...

Dilarang SPAM dan SARA...