Ad Code

Daftar Aplikasi PC Gratis Terbaik

daftar aplikasi pc gratis terbaik

Halo sahabat, apa kabar ?, semoga kabar sahabat semua baik ya...hehehe. Di kesempatan ini saya mau berbagi kumpulan aplikasi gratis yang bisa sahabat pasang di komputer sahabat, terutama yang menggunakan sistem operasi Windows.

Seperti yang diketahui, sistem operasi Windows memang banyak yang menggunakannya di Indonesia. Entah karena memang kebutuhannya yang memang mengharuskan menggunakan sistem operasi ini, atau memang sistem operasi ini lebih mudah digunakan. Seperti saya, dulu saat pertama belajar dengan komputer yang bersistem operasi Windows, belum pernah mencoba sistem operasi lain seperti Linux dan juga Mac.
Berikut adalah kumpulan aplikasi gratis yang bisa sahabat gunakan...

Antivirus.
Yang pertama adalah antivirus. Antivirus akan melindungi komputer sahabat dari serangan virus atau sejenisnya yang bisa menyebabkan Windows sahabat “error” atau bahkan bisa kehilangan data, karena datanya di infeksi oleh virus.

Saya kasih saran jika sahabat baru install ulang Windows, usahakan aplikasi yang pertama di pasang adalah Antivirus. Untuk berjaga takutnya jika yang pertama di pasang adalah aplikasi selain antivirus, aplikasi itu berpotensi merusak sistem karena tidak (belum) ada pertahan (antivirus) pada Windows sahabat. Nih saya punya daftar antivirus yang bisa sahabat pilih.  

1. Microsoft Security Essential. Situs

Microsoft Security Essential adalah antivirus dari Microsoft, yakni si pembuat OS Windows itu sendiri. Antivirus ini secara real-time melindungi sistem Windows sahabat, dan juga tidak memberatkan sistem. Jadi cocok untuk sahabat yang spec komputernya pas-pasan.

Perlu sahabat ketahui, jika sahabat menggunakan OS Windows 8 keatas, sudah ada Windows Defender yang aktif. Pertahanannya sama seperti Microsoft Security Essential, jadi sahabat tidak perlu memasang antivirus yang lain lagi, cukup update databasenya saja.    
  

2. Avast Free Antivirus. Situs

Sebagai alternatif lain, mungkin antivirus ini bisa sahabat coba. Avast Free Antivirus adalah antivirus ringan dan gratis, bekerja secara real-time melindungi Windows sahabat dari serangan virus, malware, dan sejenisnya. Fitur Avast Free Antivirus ini ya bisa di bilang “basic”, kalau sahabat mau ada fitur tambahan seperti Firewall, SandBox, dan fitur lainnya, sahabat bisa menggunakan versi berbayar dari antivirus ini. Ya sahabat harus membeli lisensinya dulu...

Multimedia.
Aplikasi multimedia memang penting, agar hidup ini lebih berwarna (ciee...ciee). Karena sahabat bisa menikmati musik yang indah, nonton film kesayangan sama pacar, bisa lihat foto – foto cewek cantik, dan pokoknya banyak dehh. Kan menggunakan komputer bisa monoton kalau tidak ada multimedianya. Nih saya punya aplikasi multimedia yang tentunya gratis.

1.  KMPlayer. Situs

Aplikasi ini cukup akrab dikenal di kalangan pengguna komputer, apalagi yang suka nonton video dan film. KMPlayer adalah multimedia gratis yang banyak mendukung format file multimedia video/musik seperti FLV, MP4, AVI, dan lainnya. Fitur – fiturnya juga banyak, tersedia skin juga untuk merubah tampilannya sesuai keinginan sahahat. Saya juga menggunakan aplikasi ini untuk nonton film atau video pada komputer.

2.    Winamp.

Saya yakin sahabat mengenal aplikasi yang satu ini, Winamp. Aplikasi yang bisa sahabat gunakan untuk mendengarkan musik – musik kesayangan sahabat. Fitur Winamp beragam, mendukung berbagai format multimedia seperti MP3, WAV, dan lainnya, dan juga tersedia skin untuk merubah tampilannya. Pastinya aplikasi Winamp ini akan selalu nongol pada desktop sahabat.

3.    Picasa.

Aplikasi gratis buatan Google untuk menampilkan atau mengatur koleksi gambar/foto yang ada pada komputer. Tersedia juga fitur editor untuk mengedit foto yang Anda punya, dan jika Anda mau, Anda bisa mengunggah foto Anda ke Google Picasa.

4.    Photoscape. Situs

Photoscape adalah aplikasi photo editor gratis. Namun meskipun gratis, aplikasi ini tersedia beragam fitur untuk mempercantik foto Anda, seperti menambahkan bingkai, menambahkan object, menambahkan frame, dan lainnya.

5.    Xiu Xiu Meitu. Situs

Aplikasi buatan Cina ini wajib Anda coba, fitur yang di tawarkan juga banyak seperti Anda bisa menghilangkan object pada foto yang tidak diinginkan, dan lainnya. Hasil editannya pun mirip seperti Photoshop. Sayangnya, saat ini aplikasi Xiu Xiu Meitu hanya tersedia dalam bahasa Cina. Tapi tak ada salahnya mencoba. 

6. JetAudio Basic. Situs

JetAudio juga bisa untuk kamu coba, dengan tampilannya yang cantik. Bisa digunakan untuk mendengarkan musik mp3 dan sebagainya. Selain itu terdapat berbagai tool bawaan yang bisa kamu manfaatkan, seperti tag editor untuk mp3, converter, dan lain – lain.


Internet.
Aplikasi untuk berinternet ria memang wajib juga, agar kita bisa menjelajahi internet. Banyak yang bisa didapatkan dari internet, seperti belajar ilmu baru, untuk berbagi kesemua, untuk download macam – macam seperti game, musik, video, dokumen dan lainnya.

Nah apa lagi bagi sahabat yang punya media sosial, selalu update dan eksis pada medsos menjadi keharusan buat sahabat. Berikut saya punya daftar aplikasi internet yang bisa sahabat gunakan, seperti web browser, email client,  dan download manager.

1.    Google Chrome. Situs

Ayooo, siapa yang tidak kenal Google Chrome..?? web browser buatan mesin pencari Google yang satu ini memang menjadi aplikasi yang wajib terpasang di komputer sahabat.

Tampilannya minimalis untuk sahabat yang suka tampilan minim, fiturnya juga banyak. Untuk keamanannya sudah tidak diragukan lagi, karena menurut berbagai sumber web browser ini menjadi nomer satu web browser terbaik.

2.    Mozilla Firefox. Situs

Yang kedua adalah Mozilla Firefox, aplikasi ini gratis dan open source. Banyak web browser yang berbasis Firefox ini, karena keamanannya, addons yang banyak, tampilannya juga keren. Firefox menjadi alternatif selain Google Chrome, saya juga menggunakan keduanya pada komputer saya.

3.    EagleGet. Situs

Sebuah aplikasi download manager yang wajib Anda gunakan, apalagi Anda yang gemar mendownload file – file besar dari internet. Jika Anda sudah mengenal dengan IDM (Internet Download Manager) yang populer dan berbayar, aplikasi yang ini adalah saingannya dan gratis. Apa yang bisa dilakukan IDM seperti Pause-Resume dan lainnya bisa juga dilakukan oleh EagleGet.

EagleGet mendukung integrasi dengan browser Mozilla Firefox, Google Chrome, dan masih banyak lagi. Tersedia juga skin untuk merubah tampilan interface EagleGet.

4.    Mozilla Thunderbird. Situs

Merupakan sebuah email client untuk mempermudah sahabat mengirim dan menerima email. Mendukung banyak flatform email seperti Google Mail (Gmail), Yahoo Mail, dan lainnya.

Tools/Utilities.
Mungkin banyak yang belum mengetahui, sebenarnya saat menggunakan komputer, semua history (jejak) akan tertinggal pada sistem. Tentunya ini akan memberatkan sistem, karena banyaknya file sampah atau registry tak terpakai pada sistem. Bisa – bisa sistem komputer sahabat bisa “crash” dan BSOD (Blue Screen of Death).

Disinilah kegunaan aplikasi jenis Tools atau Utilities, bisa membersihkan semua itu, membuat sistem komputer sahabat lebih segar. Dan yang terpenting privasi sahabat bisa terlindungi, karena semua jejak seperti membuka dokumen, dan jejak browsing internet akan di hapus oleh aplikasi jenis ini.

1.    CCleaner. Situs

CCleaner memang salah satu yang wajib ada di komputer sahabat. Aplikasi pembersih yang satu ini akan menjaga sistem Windows sahabat tetap bersih, terbebas dari file sampah, terbebas dari registry tak terpakai, dan tentunya membuat Windows sahabat menjadi lebih stabil.

Banyak juga fitur – fitur yang di tawarkan, untuk lebih lengkapnya, silahkan di coba sendiri ya.

2.    Privazer. Situs

Apakah sahabat sering menghapus file – file pada komputer? entah itu file gambar, video, atau dokumen penting. Jika iya, perlu sahabat ketahui menghapus file pada harddisk atau media penyimpanan lainnya dengan cara biasa membuat file itu tidak sepenuhnya terhapus. Karena masih bisa di kembalikan dengan prinsip aplikasi data recovery. Tentunya ini sangat mengancam privasi sahabat.

Apalagi sahabat mau menjual harddisk bekas sahabat ke teman misalnya, kan gawat tuh file yang sahabat sudah hapus masih bisa di recovery, apalagi itu dokumen penting. Untuk itulah mengapa aplikasi Privazer ini memang wajib sahabat gunakan.

Privazer akan meng-overwrite ruang bebas pada harddisk sahabat. Membuat sisa – sisa file sahabat yang terhapus bisa di lenyapkan sepenuhnya.

3.    Speccy. Situs

Dengan ini sahabat akan mengetahui informasi dari komputer yang sahabat gunakan. Menampilkan informasi hardware dan software yang terpasang, seperti processor, RAM, VGA, Operating System, dan lainnya.  

Office/Perkantoran.
Aplikasi seperti ini memang akan selalu terpasang pada komputer yang digunakan, baik untuk siswa, maupun pekerjaan lainnya yang menggunakan komputer. Seperti untuk mengetik dokumen, membuat presentasi, membaca ebook dan lainnya lagi. Tersedia banyak pilihan yang bisa kita download dari internet. Namun disini saya akan memilih yang menurut saya terbaik dan gratis tentunya.

1.    Adobe Reader. Situs

Yang suka download ebook, pasti perlu juga aplikasi untuk membacanya bukan?. Ebook yang biasa kita download biasanyanya format PDF. Tersedia banyak aplikasi untuk membaca file tipe ini. Salah satunya Adobe Reader ini yang bisa Anda gunakan. Dan Yang paling penting gratisss!!.

2. WPS Office Free (Personal Edition). Situs

Aplikasi ini bisa menjadi alternatif Microsoft Office pada komputer sahabat. Mencakup Writer (Word), Presentation (Power Point), dan Spreadsheet (Excel). Tampilan yang familiar dengan ribbon, dan juga mendukung penuh file dokumen yang dibuat menggunakan Microsoft Office.

Archiver.
Aplikasi archiver juga penting dipasang pada komputer. Berguna untuk membuka file berekstensi Zip, Rar, dan semacamnya. Apalagi untuk kamu yang suka download, pasti sering menemui file dengan ekstensi arsip ini. Selain itu, aplikasi jenis ini juga berguna untuk mempaketkan banyak file menjadi satu dan mengcompressnya/mengecilkan ukurannya sehingga akan lebih hemat ruang penyimpanan.

1. BandiZip. Situs

BandiZip merupakan aplikasi archiver gratis yang patut kamu punya. Aplikasi ini mendukung banyak file arsip termasuk yang populer seperti file Zip, ZipX, Rar. Support multicore processor untuk mempercepat proses dalam mengcompress dan mengektract file arsip, dan masih banyak lagi fitur – fiturnya.

Penutup.
Oke saya rasa cukup segitu saja kumpulan aplikasi gratisnya, sebenarnya masih banyak lagi aplikasi gratis yang bagus untuk menjadi alternatif yang berbayar. Jika sahabat mempunyai aplikasi gratis keren lainnnya, sahabat bisa membagikannya lewat kotak komentar. Semoga bermanfaat...

Post a Comment

0 Comments