Ad Code

Daftar Istilah Komputer dan Internet

daftar istilah komputer
Apakah Anda seorang yang baru belajar komputer?, apakah Anda sering mendengar istilah - istilah komputer yang mungkin masih asing bagi Anda?. 

Seseorang yang masih awam di bidang komputer (seperti saya), pasti bingung jika mendengar istilah – istilah yang sering diucapkan pada sebuah forum misalnya yang membahas seputar komputer. Ada salah satu member forum yang mengalami “BsoD” pada komputernya, nah apa itu “BsoD”?, di carilah akhirnya di Gugel, oh artinya “Blue Screen of Death” yakni layar biru yang muncul jika sistem Windows terjadi error. 

Selain BsoD (Blue Screen of Death) yang saya sebutkan diatas, masih ada lagi istilah – istilah komputer yang perlu di ketahui. Nah berikut saya akan beberkan beberapa istilah – istilah komputer yang umum di temui, dan mungkin beberapa istilah dari daftar ini Anda pernah mendengarnya namun belum tau artinya atau bisa juga sudah.
Daftar ini saya dapat dari internet, dan sudah di urutkan berdasarkan huruf abjad dari A sampai Z. Langsung saja ya...

Daftar Istilah Komputer

== A ==
Access Point: Perangkat komunikasi wireless yang memungkinkan antar perangkat untuk terhubung ke jaringan wireless dengan menggunakan Wi-Fi, Bluetooth, atau standar terkait.

ACPI (Advanced Configuration Power Interface): Teknologi yang memungkinkan sistem operasi mengontrol jumlah daya listrik yang digunakan oleh setiap perangkat yang dipasang pada komputer. Biasanya disediakan agar perangkat tersebut menghemat energi.

Adaptor: Komponen elektronik yang berfungsi untuk mengubah arus bolak-balik (AC [Alternating Current]) menjadi arus searah (DC [Direct Current]).

ADB (Android Debug Bridge): Aplikasi yang berfungsi untuk memberikan perintah kepada ponsel Android melalui PC.

Address bus: Jalur yang digunakan untuk menandakan lokasi sumber atau pun tujuan pada prosestransfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.

Ad HOC: Merupakan jaringan sederhana dimana komunikasi terjadi diantara 2 perangkat atau lebih pada cakupan area tertentu tanpa harus memerlukan sebuah access point atau server.

ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line): Suatu teknologi komunikasi data yang memungkinkan transmisi data yang lebih cepat melalui kabel tembaga telepon biasa dibandingkan dengan modem konvensional yang ada.

Advanced: Lanjutan.

Aero (Authentic, Energetic, Reflective, and Open): Fitur transparansi window, taskbar dan beberapa efek atraktif lain pada Windows Vista dan 7.

AHCI (Advanced Host Controller Interface): Yaitu sebuah host controller interface yang mendefinisikan operasi SATA Host Bus Adapter secara non-implementation specific. AHCI memberikan pengembang software dan perancanghardware metode standar untuk mendeteksi, mengkonfigurasi dan pemrograman adapter SATA AHCI.

AJAX (Asynchronous Javascript and XMLHTTP): Suatu teknik pemrograman berbasis web untuk menciptakan aplikasi web interaktif. Dengan AJAX, halaman web diambil di latar belakang tanpa perlu mereloadhalaman.

ALU (Arithmetic Logic Unit): Bagian CPU yang memproses data untuk melakukan operasional dan perhitungan.

AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode): Jenis layar yang menggunakan teknologi OLED, yang memiliki kecerahan yang sangat tinggi serta masih tetap terlihat jernih meski digunakan saat berada dibawah sinar matahari langsung.

Anonim: Seseorang yang tidak memiliki identitas pribadi atau identitas pribadinya disembunyikan. Seorang anonim tidak mencantumkan nama dan informasi pribadi lainnya.

ANSI (American National Standards Institute): Merupakan organisasi yang mendefinisikan standar Amerika Serikat untuk industri pemrosesan informasi.

Antena: Sebuah batang logam yang berfungsi untuk menangkap gelombang radio.

AOSP (Android Open Source Project): Merupakan project gagasan Google bersama vendor Android yang dimaksudkan untuk menghadirkan software berbasis open source dengan kualitas produk yang terbaik untuk penggunaan sehari –hari.

Apache: Layanan web server pada Linux.

API (Application Programming Interface): Sekumpulan perintah, fungsi, dan protokol yang dapat digunakan oleh programmer saat membangun perangkat lunak untuk sistem operasi tertentu. API memungkinkan programmer untuk menggunakan fungsi standar untuk berinteraksi dengan sistem operasi.

Array Processor/Co –Processor: Unit prosesor tambahan yang digunakan untuk mempercepat proses perhitungan data.

Archive: File yang mengkompres beberapa file menjadi 1 file dan berukuran lebih kecil dari file aslinya.

ASCII (American Standard Code for Information Interchange): Merupakan suatu standar internasional dalam kode huruf dan simbol seperti hex dan unicode.

ASP (Active Server Pages): Adalah pengaturan web yang digunakan untuk membina halaman web yang dinamik dan bersifat interaktif. Fasilitas ini diberikan oleh Microsoft untuk memudahkan pembuatan aplikasi -aplikasi Web Server.

ATM (Asynchronous Transfer Mode): Merupakan teknologi jaringan high-speed yang mampu mengirim data, suara, dan video secara real-time.

ATX (Advanced Technology eXtended): Adalah standarisasi yang mendefinisikan dimensi mekanik kunci, pemasangan titik, panel I/O, listrik dan konektor interface antara komputer,motherboard, dan power supply.

Autentikasi: Adalah proses pemeriksaan peralatan user yang sah sehingga paket yang dikirimkan benar -benar berada di tangan user yang berhak.

Autorun: Sebuah fitur yang memperbolehkan suatu storage mengeksekusi suatu program secara otomatis.

Cukup ini saja yang saya tampilkan, agar artikel tidak terlalu panjang. Untuk lanjutannya silahkan download file PDF dibawah ini... 

Nama File: Ebook Daftar Istilah Komputer.pdf
Tipe File: PDF
Download: Google Drive

SEMOGA BERMANFAAT...




Post a Comment

0 Comments