Ad Code

Cara Mengganti Icon Drive di Windows 7, 8, 10

mengganti icon drive

Om Swastyastu…

Cara Mengganti Icon Drive di Windows 7, 8, 10 - Halo sobat, berjumpa lagi dengan saya admin Devata Komputer yang paling ganteng. Di artikel ini kita akan membahas tentang bagaimana caranya mengganti icon drive agar terlihat menarik di Windows Explorer.

Terkadang merasa bosan melihat tampilan icon drive yang itu - itu saja setiap hari, ingin rasanya menggantinya dengan icon lain supaya tampil beda. Nah, setelah mencari di Google, saya menemukan dua cara yaitu dengan memanfaatkan file autorun.inf dan melalui registry.

Tapi, disini saya hanya akan membahas yang melalui registry saja. Karena sebelumnya saya sudah menulis artikel cara mengganti icon flashdisk menggunakan file autorun.inf. 

Sebelum memulai tutorial, berikut adalah hal yang harus dipersiapkan…

  1. Drive yang ingin diganti iconnya (misal: drive E:)
  2. File icon “.ico” (misal: saya taruh di -> E:\icon_drive_baru.ico) 
  3. Backup registry Windows (untuk jaga – jaga)


Mengganti Icon Disk Drive Melalui Registry


Munculkan dialog Run dengan cara menekan Win+R dan ketikkan “regedit”, setelah itu klik tombol OK untuk memunculkan jendela Registry Editor.

cara mengubah icon drive windows 10

Silahkan navigasi ke alamat registry HKEY_LOCAL_MACHINE –> SOFTWARE –> Microsoft –> Windows –> CurrentVersion -> Explorer -> DriveIcons.

Jika key DriveIcons belum ada, silahkan buatlah key baru dengan cara klik kanan pada Explorer lalu pilih New -> Key. Setelah itu, beri nama key tersebut dengan “DriveIcons” sehingga akan menjadi seperti gambar dibawah ini.

mengubah icon hardisk drive

Silahkan buat lagi key baru pada DriveIcons, caranya sama seperti sebelumnya. Namun beri nama dengan huruf drive yang ingin diganti iconnya, misalkan “E”. Contohnya seperti gambar ini…

cara mengubah icon hardisk, ganti icon drive di windows

Kemudian buat lagi key baru dan beri nama “DefaultIcon”. Sehingga alamat registry menjadi seperti dibawah ini…

“HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\DriveIcons\E\DefaultIcon”

mengubah icon hard drive di windows explorer

Pada key DefaultIcon di kolom sebelah kanan, klik 2x value yang bernama “(Default)”. Lalu ubah nilainya menjadi alamat file icon yang ingin digunakan, misalnya “E:\Icon_Drive_baru.ico”. Setelah itu klik OK dan tutup jendela Registry Editor.

cara mengubah icon hardisk di windows 10

Sebenarnya sampai disini kita sudah berhasil mengganti icon drive, untuk membuktikannya silahkan buka Windows Explorer dan lihatlah, icon drive sudah diganti…

mengubah icon drive di explorer windows

Demikianlah cara mengganti icon drive secara manual melalui registry. Jika cara diatas menurut kamu begitu ribet, saya punya solusi lain yang lebih praktis dengan menggunakan aplikasi buatan saya yang bernama Easy Drive Icon Changer.

Om Shanti, Shanti, Shanti, Om…



Post a Comment

3 Comments

Silahkan tinggalkan komentar Anda...

Dilarang SPAM dan SARA...